Penyebab Kista Rahim

Kista adalah kantung abnormal yang berisi cairan abnormal yang tumbuh tak hanya di indung telur (ovarium) atau ujung-ujung saluran telur (fimbria), tapi juga dikulit, paru-paru, bahkan otak. Pendeteksian kista pada awal kehamilan harus akurat. Sebab, secara sepintas bentuk kista ovarium mirip dengan bentuk badan kuning (corpus luteum/CL). CL adalah sisa sarang sel telur yang memang ada saat kehamilan. Kalau CL diambil karena disangka sebagai kista ovarium (indung telur), maka bisa terjadi keguguran, karena CL berfungsi mempertahankan fungsi hormone semasa kehamilan muda. Kelak setelah plasenta terbentuk sempurna, maka fungsi ini akan diambil alih oleh plasenta. Jadi, bila dari pemantauan USG terlihat kantung besar di indung telur pada kehamilan muda, belum tentu itu kista ovarium.

Kemungkinan adalah CL. Penyebab munculnya kista ovarium (indung telur) antara lain adalah kegagalan kantong telur (folikel) berovulasi. Seperti diketahui, dalam siklus reproduksi wanita, satu kantong telur dalam indung telur akan mengalami ovulasi setiap bulannya. Ovulasi adalah keluarnya sel telur dari folikel untuk kemudian ditangkap fimbria dan ditempatkan di saluran telur (tuba falopi) dan siap untuk dibuahi jika bertemu sperma. Selanjutnya folikel yang telah kehilangan sel telur disebut CL secara normal akan mengalami degenerasi, hilang diserap oleh tubuh. Sayangnya proses keluarnya sel telur dari dalam folikel mungkin mengalami kegagalan. Jika kerap terjadi seperti itu lama-kelamaan kantong telur yang gagal berovulasi dapat berubah menjadi kista.

Adanya kista di dalam perut bagian bawah bisa menyebabkan pembenjolan perut. Tekanan terhadap alat-alat di sekitarnya disebabkan oleh besarnya kista atau posisinya di dalam perut. Misalnya, sebuah kista yang tidak seberapa besar, tetapi terletak di depan rahim dapat menekan kandung kemih dan dapat menimbulkan gangguan berkemih, sedang satu kista yang lebih besar tetapi terletak bebas di rongga perut kadang-kadang hanya menimbulkan rasa berat dalam perut. Tekanan tumor dapat pula mengakibatkan sembelit, bengkak pada tungkai.

Perdarahan ke dalam kista yang terjadi dalam jumlah yang banya dapat menimbulkan nyeri perut mendadak.

Putaran tungkai dapat terjadi, dipermudah oleh faktor kehamilan dan sesudah persalinan. Torsi ini menyebabkan gangguan sirkulasi dan menimbulkan rasa sakit. Gangguan sirkulasi menyebabkan kerusakan jaringan dalam kista dan lama-kelamaan dapat menyebabkan robekan dinding kista dan menimbulkan penimbunan cairan bebas di dalam rongga perut (asites) dan perlekatan-perlekatan dengan sekitarnya.

Robekan dinding kista selain karena putaran tungkai, dapat juga akibat jatuh, atau pukulan di perut ataupun waktu berhubungan intim.

Infeksi pada kista dapat terjadi jika didekat kista ada sumber kuman, misalnya peradangan usus buntu.

Perubahan keganasan pada kista dapat pula terjadi. Metode-metode yang selanjutnya dapat menolong dalam pembuatan diagnosis yang tepat anara lain laparoskopi, USG, foto rontgen dan parasentesis


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Rahim and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyebab Kista Rahim

  1. andi yuyun says:

    Sya jg di vonis kista,,,,mulax q tw wktu q abis kguguran msuk 2 buln,,, q selalu pndrahan akhrx q di kuret@2 mnggu stlah di kuret q USG n kata DR q Ãðª kista di dalam n bru 3 cm ktax,,,ªªa msh mngecil itu kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>